Algoritma dan Pemrograman Informatika BAB 7 SMP
Algoritma dan Pemrograman
Pengertian Algoritma
Algoritma adalah urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan tugas
tertentu. Salah satu contoh sederhana algoritma adalah langkah untuk
membeli tiket bioskop secara langsung. Langkahnya, yaitu: kalian perlu
menuju bioskop, memilih film yang ingin ditonton dan jadwalnya, lalu antre
di loket tiket, lalu memilih posisi kursi bioskop beserta jumlah tiketnya,
membayar total tiket, dan tiket diterima dari pegawai. Algoritma dibuat
untuk dapat dipahami oleh manusia dan juga komputer.
Algoritma akan diterjemahkan menjadi kode program untuk memberikan
urutan instruksi pada perangkat komputer. Algoritma dan pemrograman yang
mengatur jalannya sistem komputer, membawa masyarakat berkomunikasi
dengan cara yang baru dan membantu menyelesaikan beberapa masalah
lainnya. Proses untuk membuat program yang eisien dan efektif memerlukan
pemilihan informasi yang tepat untuk digunakan, bagaimana memproses
dan menyimpannya, menyelesaikan permasalahan besar menjadi kasus yang
lebih kecil, mengombinasikan solusi-solusi yang sudah ada sebelumnya, dan
mencoba analisis solusi baru lainnya.
Pengertian Pemrograman
Pemrograman adalah proses mengembangkan program, perangkat lunak
komputer, aplikasi, dan situs web. Saat ini, komputer tidak dapat berpikir
sendiri. Komputer hanya menjalankan perintah yang diberikan kepadanya
atau yang sudah tersimpan dan siap dijalankan. Komputer meminta pengguna
untuk memberi serangkaian instruksi yang diperintahkan untuk mengetahui
apa yang harus dilakukan. Perintah yang dipahami oleh komputer disebut
sebagai 'kode'. Pemrograman adalah elemen inti dari kurikulum Informatika
karena membantu kalian untuk mengembangkan keterampilan penting
seperti penyelesaian masalah, logika, dan berpikir kritis.
![]() |
A. Pemrograman
Belajar programming (di dalamnya mencakup coding) diperlukan bukan hanya
untuk menjadi programmer (penulis program profesional). Programming
diperlukan dalam bidang apa pun, seperti halnya siapa pun perlu menulis.
Pemrograman visual adalah sebuah
bahasa pengkodean yang memungkinkan kalian untuk membuat program
dengan menyusun elemen visual secara grafis, bukan menuliskannya dalam
bentuk teks. Elemen visual dalam pemrograman visual berbentuk blok
grafik yang dapat disusun untuk membentuk program. Setiap elemen visual
merepresentasikan pernyataan atau struktur kontrol. Dengan pemrograman
visual, memprogram menjadi seperti ketika kalian menyusun balok atau lego
untuk membangun gedung, kapal terbang, atau lainnya. Akan tetapi, hasilnya
bukan benda nyata, melainkan sebuah “program” yang kalau dijalankan, akan
memberikan efek menakjubkan, misalnya animasi atau bahkan game.
"Scratch" merupakan salah satu aplikasi pemrograman yang menggunakan elemen visual seperti balok-balok perintah dan aturan dalam pemrograman. Scratch dibuat oleh MIT Media Lab, sebuah tim dari Massachusetts Institute of Technology. Dengan Scratch, kalian dapat mengembangkan sebuah program sederhana berisi cerita, games, maupun animasi interaktif sesuai kehidupansehari-hari. Program sederhana ini dibuat dari susunan blok-blok yang menghasilkan tampilan visual sesuai blok tadi. Hasil karya Scratch juga dapat dibagikan dalam komunitas online. Kalian dapat mengasah kemampuan berpikir kreatif, mampu memberikan alasan secara sistematis, dan berkolaborasi yang merupakan kemampuan penting dalam hidup bermasyarakat saat ini.
B. Cara Menggunakan Scratch
1. Untuk membuat kode di Scratch, pertama buka halaman Scratch di MIT. Selanjutnya, klik tombol “create” untuk membuat proyek baru.
2. Blok kode berada di sisi kiri layar. Untuk membuat kode, klik dan seret blok ke ruang tengah yang besar. Pada awal, karakter dan objek disebut "sprite." Anda dapat menambah atau menghapus sprite sebanyak yang Anda inginkan. Setiap kali Anda menambahkan sprite, itu akan muncul di atas "Stage".
3. Klik pada setiap sprite untuk mengkode sprite. Ada ratusan sprite yang dapat dipilih. Untuk membuat kode, Anda dapat menyeret blok kode dari sisi kiri dan menghubungkannya bersama-sama. Setiap sprite, serta latar belakang, akan memiliki kodenya sendiri. Blok ini dapat membuat sprite bergerak, mengeluarkan suara, dan berubah warna. Dan ketika terhubung bersama, bentuklah serangkaian tindakan untuk membangun game, animasi, dan proyek Anda lainnya
4. Setelah Anda mengkode proyek Anda, Anda dapat mengklik Bendera Hijau untuk melihat kode Anda berjalan di Panggung. Jika Anda ingin menyimpan atau membagikan proyek Anda, pastikan itu disimpan di bawah akun Anda. Jika Anda sudah memiliki akun, klik
"Log in". Jika Anda perlu membuat akun, klik “Join Scratch” dan ikuti petunjuknya.
C. Video Tutorial Scratch
Tontonlah video tutorial scratch untuk pemula oleh Kevin Briggs di Youtube.
Terimakasih Sudah Membaca!
By: Azka MP 7F
terima kasih sudah mengerjakan tugasnya dengan baik.
ReplyDelete