Algoritma dan Pemrograman Informatika BAB 7 SMP

Algoritma dan Pemrograman

Pengertian Algoritma
Algoritma adalah urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan tugas 
tertentu. Salah satu contoh sederhana algoritma adalah langkah untuk 
membeli tiket bioskop secara langsung. Langkahnya, yaitu: kalian perlu 
menuju bioskop, memilih film yang ingin ditonton dan jadwalnya, lalu antre 
di loket tiket, lalu memilih posisi kursi bioskop beserta jumlah tiketnya, 
membayar total tiket, dan tiket diterima dari pegawai. Algoritma dibuat 
untuk dapat dipahami oleh manusia dan juga komputer.


Algoritma akan diterjemahkan menjadi kode program untuk memberikan 
urutan instruksi pada perangkat komputer. Algoritma dan pemrograman yang 
mengatur jalannya sistem komputer, membawa masyarakat berkomunikasi 
dengan cara yang baru dan membantu menyelesaikan beberapa masalah 
lainnya. Proses untuk membuat program yang eisien dan efektif memerlukan 
pemilihan informasi yang tepat untuk digunakan, bagaimana memproses 
dan menyimpannya, menyelesaikan permasalahan besar menjadi kasus yang 
lebih kecil, mengombinasikan solusi-solusi yang sudah ada sebelumnya, dan 
mencoba analisis solusi baru lainnya.

Pengertian Pemrograman
Pemrograman adalah proses mengembangkan program, perangkat lunak 
komputer, aplikasi, dan situs web. Saat ini, komputer tidak dapat berpikir 
sendiri. Komputer hanya menjalankan perintah yang diberikan kepadanya 
atau yang sudah tersimpan dan siap dijalankan. Komputer meminta pengguna 
untuk memberi serangkaian instruksi yang diperintahkan untuk mengetahui 
apa yang harus dilakukan. Perintah yang dipahami oleh komputer disebut 
sebagai 'kode'. Pemrograman adalah elemen inti dari kurikulum Informatika 
karena membantu kalian untuk mengembangkan keterampilan penting 
seperti penyelesaian masalah, logika, dan berpikir kritis.


A. Pemrograman
 Belajar programming (di dalamnya mencakup coding) diperlukan bukan hanya 
untuk menjadi programmer (penulis program profesional). Programming
diperlukan dalam bidang apa pun, seperti halnya siapa pun perlu menulis.

Pemrograman visual adalah sebuah 
bahasa pengkodean yang memungkinkan kalian untuk membuat program 
dengan menyusun elemen visual secara grafis, bukan menuliskannya dalam 
bentuk teks. Elemen visual dalam pemrograman visual berbentuk blok 
grafik yang dapat disusun untuk membentuk program. Setiap elemen visual 
merepresentasikan pernyataan atau struktur kontrol. Dengan pemrograman 
visual, memprogram menjadi seperti ketika kalian menyusun balok atau lego 
untuk membangun gedung, kapal terbang, atau lainnya. Akan tetapi, hasilnya 
bukan benda nyata, melainkan sebuah “program” yang kalau dijalankan, akan 
memberikan efek menakjubkan, misalnya animasi atau bahkan game.


"Scratch" merupakan salah satu aplikasi pemrograman yang menggunakan elemen visual seperti balok-balok perintah dan aturan dalam pemrograman. Scratch dibuat oleh MIT Media Lab, sebuah tim dari Massachusetts Institute of Technology. Dengan Scratch, kalian dapat mengembangkan sebuah program sederhana berisi cerita, games, maupun animasi interaktif sesuai kehidupansehari-hari. Program sederhana ini dibuat dari susunan blok-blok yang menghasilkan tampilan visual sesuai blok tadi. Hasil karya Scratch juga dapat dibagikan dalam komunitas online. Kalian dapat mengasah kemampuan berpikir kreatif, mampu memberikan alasan secara sistematis, dan berkolaborasi yang merupakan kemampuan penting dalam hidup bermasyarakat saat ini.


B. Cara Menggunakan Scratch

1. Untuk membuat kode di Scratch, pertama buka halaman Scratch di MIT. Selanjutnya, klik tombol “create” untuk membuat proyek baru.

2. Blok kode berada di sisi kiri layar. Untuk membuat kode, klik dan seret blok ke ruang tengah yang besar. Pada awal, karakter dan objek disebut "sprite." Anda dapat menambah atau menghapus sprite sebanyak yang Anda inginkan. Setiap kali Anda menambahkan sprite, itu akan muncul di atas "Stage".

3. Klik pada setiap sprite untuk mengkode sprite. Ada ratusan sprite yang dapat dipilih. Untuk membuat kode, Anda dapat menyeret blok kode dari sisi kiri dan menghubungkannya bersama-sama. Setiap sprite, serta latar belakang, akan memiliki kodenya sendiri. Blok ini dapat membuat sprite bergerak, mengeluarkan suara, dan berubah warna. Dan ketika terhubung bersama, bentuklah serangkaian tindakan untuk membangun game, animasi, dan proyek Anda lainnya

4. Setelah Anda mengkode proyek Anda, Anda dapat mengklik Bendera Hijau untuk melihat kode Anda berjalan di Panggung. Jika Anda ingin menyimpan atau membagikan proyek Anda, pastikan itu disimpan di bawah akun Anda. Jika Anda sudah memiliki akun, klik
"Log in". Jika Anda perlu membuat akun, klik “Join Scratch” dan ikuti petunjuknya.



C. Video Tutorial Scratch
Tontonlah video tutorial scratch untuk pemula oleh Kevin Briggs di Youtube.


Terimakasih Sudah Membaca!
By: Azka MP 7F

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Teknologi Informasi dan Komunikasi BAB 3

Pertemuan Keenam Informatika 6

20 Soal Ulangan Harian Informatika